Ditengah hiruk pikuk kaum dhuafa mencari jatah hewan qurban, justru ada seorang pemulung yang menyumbangkan 2 ekor kambing untuk diqurbankan. Dialah Mak Yati, perempuan berusaia 65 tahun yang pekerjaan kesehariannya sebagai pemulung di kawasan Tebet Barat, Jakarta Selatan.

Mak Yati yang berasal dari Pasuruan Jawa Timur hijrah ke Jakarta sejak tahun 1965, pada awalnya bekerja sebagai pemungut puntung rokok. Kemudian beralih menjadi pemulung dengan mengumpulkan barang-barang bekas. Ia mendirikan sebuah gubuk di lahan milik Pemrov DKI di daerah Tebet Barat tak jauh dari lokasi Rumah Susun Tebet Barat.

Tidak ada seorangpun yang menyangka orang seperti Mak Yati akan melaksanakan qurban bahkan 2 ekor kambing sekaligus, sehingga ketika Mak Yati pulang membawa 2 ekor kambing malah jadi pemandangan yang langka buat warga sekitar. Sontak saja ulah Mak Yati ini menjadi pusat perhatian warga, karena bingung akhirnya Mak Yati membawa kedua ekor kambingnya tersebut ke masjid Al Ittihad dengan menyewa Bajaj.

Karena waktu penyembelihan qurban belum saatnya, maka hampir setiap hari Mak Yati datang ke Masjid Al Ittihad dengan membawa rumput untuk memberi makan 2 ekor kambingnya tersebut. Masjid Al Ittihad yang berada di kawasan Tebet Barat memang sering ia kunjungi sebelumnya bahkan pengurus masjid tersebut juga telah mengenal Mak Yati.

Tindakan diluar kebiasaan ini ternyata cepat menjadi perhatian media massa, wartawan cetak maupun elektronika berlomba mencari informasi mengenai sosok Mak Yati ini. Bahkan Menteri Sosial Salim Segaf Al-Jufri menyempatkan diri mengunjungi kediaman Mak Yati di gubuknya, hal ini membuat Mak Yati tak kuasa menahan tangis karena haru.

Mensos Salim Segaf Al-Jufri mengatakan, ini adalah kejadian yang langka di Indonesia mudah-mudahan cara yang dilakukan Mak Yati ini dapat menggugah orang-orang yang mampu untuk berqurban tapi tidak melaksanakannya. Mensos sangat terharu dengan kegigihan Mak Yati yang bekerja hingga jam 11 malam setiap hari, menabung sedikit demi sedikit selama 3 tahun akhirnya mampu berqurban.

Berikut petikan video wawancara Mak Yati dengan Ustad Jefri dan Reporter TVONE, semoga kisah ini dapat mengilhami kita untuk berbuat baik kepada sesama.

Iklan