Beberapa bulan sebelum gempa Nepal..

Dongeng Geologi

CrossSectionHimalayaPenubrukan Benua India ke Eurasia yang menyebabkan pembentukan Himalaya ini menjadi penyebab utama gempa-gempa disepanjang pegunungan teritinggi didunia ini. Perjalanan India sebenarnya cukup jauh. Karena Benua India terbentuk ketika India masih berada di Selatan Katulistiwa. Bahkan mungkin mendekati kutub selatan saat itu.

😦 “Walah Pakdhe, India bisa-bisanya berada di selatan kemudian keutara sampai nabrak Aurasia. Dulu sempat muter-muteri tiang juga ya, kayak penari India itu ?”

😀 “Emangnya Kutchi-Kutchi Hotahe ?”

Perjalanan India ini telah digambarkan dalam animasi menarik oleh seorang ahli tektonik Asia Tenggara bernama Robert Hall, yang mengepalai grup riset di Inggris. Animasi itu digambarkan seperti dibawah ini.

Pada awalnya India merupakan bagian adri benua Gondwana disebelah selatan Katulistiwa. Benua India mulai terbuka dan terpisah dari Australia Sejak Akhir Jura menabrak Asia pada jaman Cretaceous. Tubrukan (collision) terjadi sejak 110–90 Ma dan menunjam dibawah Sundaland terhenti sejak 45 Juta tahun yang lalu. India dan Australia terpisah sejak  90–75 juta tahun lalu. Subduction atau penunjaman terus terjadi hingga 45 Juta tahun…

Lihat pos aslinya 114 kata lagi

Iklan