Desa Tetangga.. 🙂

Putri'na Cisompet-Garut

Pada umumnya, masyarakat Cisompet merupakan masyarakat yang masih hidup dalam keadaan tradisional, tapi mulai tersentuh kehidupan modern. Gambaran tradisional dan modern tersebut akan terlihat dari mata pencaharian masyarakat di desa ini.

BERTERNAK BERTERNAK

Sebagai masyarakat yang masih bergantung pada kebaikan alam, kebanyakan masyarakat di Cisompet bekerja sebagai petani dan peternak. Hal ini mungkin karena wilayah Cisompet menyajikan kekayaan alam yang sangat sayang apabila tidak dimanfaatkan secara baik. Berbagai tanaman bisa tumbuh disini, seperti padi, karet, teh, dan kelapa sawit. Padahal tanaman tersebut bisa tumbuh di keadaan yang sangat berbeda suhu. Jawaban dari semua ini yaitu karena wilayah Cisompet melingkupi daerah dingin di Neglasari dan Sindangsari, wilayah bersuhu sedang di Desa Cisompet, dan wilayah bersuhu panas di beberapa desa perbatasan sebelum Pameungpeuk. Keadaan ini sangatlah menguntungkan masyarakat untuk bisa bercocok tanam apapun.

Mata pencaharian tradisional yang ada sejak turun temurun adalah pertanian dan peternakan. Banyak masyarakat di Cisompet yang menyandarkan hidupnya pada…

Lihat pos aslinya 156 kata lagi

Iklan