[ repost dari Akhi-Nuruddin Al.Indunissy; pendiri rehabhati.com. Beliau pernah bekerja di saudi, lalu pulang ke tanah air pasca upaya kudeta tahun 2011 silam ]

Rasulullah Sholallahu ‘Alaihi wassalam bersabda: “Belum akan datang kiamat sehingga manusia berlomba-lomba dengan bangunan-bangunan yang megah” (HR. Bukhari). “Belum akan datang kiamat sehingga manusia berlomba-lomba membangun dan memperindah masjid-masjid”. (HR. Abu Dawud)

ღبِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيღ
Saya mulai dengan salam dari Syurga,
Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.
Semoga kesejahtraan, Shalawat serta Salam selalu tercurah kepada kekasih alam ✿ܓMuhammad, Rasulullah Shalallahu ‘Alahi wassalam beserta keluarga, sahabat, dan pengikutnya yang setia dengan tali assunahnya hinga akhir Jaman.

Ikhwahfillah,
Perkenankan saya dalam suasana Ramadhan yang berbahagia ini, memunculkan sebuah kesan mengejutkan yang insha Allah akan menghangatkan aktifitas berfikir kita, membangunkan jiwa yang sedang tertidur, mengingatkan kembali tentang arah jalanan yang kita lalui. Semoga dengan se-izin-Nya mampu menyegarkan nuansa hati kita yang secara fitrah tertanam kerinduan kepada kota Akhirat.

Dalam kunjungan kedua saya ke Makah – Madinah juni lalu, ada sebuah nuansa yang mengherankan, lebih tepatnya menakutkan dan menggetarkan nurani saya. Ada kontradiksi di Al Masjid Al Haram..

Juni 2010 tahun lalu saya cukup terkejut dengan logo KFC yang tak ragu nongkrong di sebelah kiri halaman Masjidil Haram.Tepat disebelah kanan KFC berdiri angkuh sebuah kompleks Apartemen & Hotel yang ukurannya seakan ingin menelan Masjid yang suci ini.

Disekelilingnya berdiri hotel hotel megah milik investor asing, rasa heran saya semakin besar ketika memperhatikan sebuah logo di sebuah Hotel persis dihalaman Al Haram. Tertulis sebuah Dar Et Tawhid InterContinental Hotel. InterContinental Hotel Group (IHG) ini adalah Brand Hotel milik Amerika yang memiliki lebih dari 3500 hotel diseluruh Dunia termasuk 5 Hotel di Indonesia.

Menariknya, logo Hotel ini juga ikut berdiri angkuh di samping Masjid Nabawi Madinah dengan nama samaran Dar Al Iman InterContinental Hotel. Hotel itu berdiri sinis dihalaman Masjid Nabawi, masjid Rasulullah Shalallahu’ Alaihi wassalam.

Setahun dari saat itu, tepatnya Juni 2011 kemarin (Alhamdulillah) saya diberi kebahagiaan untuk mengunjungi kembali Al Haram. Disanalah, keheranan yang saya simpan selama ini berubah menjadi ketakutan.

Wajah Al Haram sudah berubah!
Bukit disekeliling lembah yang terjaga sejak Nabi Ibrahim Alahissalam dan putranya Nabi Ismail Alaihissalam meletakan batu pertama Baitullah itu sudah tidak utuh lagi.
Bukit bukitnya satu persatu dipenggal…
Debu debu beterbangan..
Mesin mesin bergaung menanamkan kontruksi gedung gedung raksasa disekeliling Masjidil Haram..
Lembah Ibrahim ini hampir menghilang…
Berubah menjadi pusat perbelanjaan yang memukau..
Lembah itu diacak acak oleh manusia manusia serakah..

Subhanallah..
Maafkan jika emosi saya mencemari tulisan ini.
Sungguh saya tidak ridha, jika lembah ini dinodai.

Ada nuansa yang berbeda, jika antum mengunjungi Masjidil Haram saat ini.
Mungkin kebanyakan orang biasa biasa saja melihat banyak perubahan di sekitar Masjidil Haram. Mungkin mereka tersenyum terkagum kagum melihat gedung gedung mewah yang berdiri kokoh di samping Masjidil Haram saat ini

Brother and Sisters.
Mari sejenak kita lihat, tentang aktifitas keserakahan manusia di Bumi Allah ini.
Mereka tak henti hentinya berlomba lomba membangun gedung paling tinggi di Dunia, seakan mereka lupa dunia ini akan kita tinggalkan.

Masih hangat di ingatan ketika January 2010 lalu, Perdana Mentri Dubai (Uni Emirat Arab), Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum meresmikan Burj Al Khalifa, nama gedung tertinggi di Dunia dengan ketinggian diatas 800 meter mengalahkan ketinggian Twin Tower Malaysia dan gedung tertinggi lainnya.

Tak lama menjelang, Kuwait kemudian menyusul dengan membangun Al Mubarak Tower berketinggian 1001 Meter. Dubai tidak mau kalah, mereka kemudian merencanakan Al Burj dengan ketinggian 1050 Meter..

Saudi Arabia tidak tinggal diam, Prince Al-Waleed bin Talal saat ini telah memulai sebuah kontruksi gedung Mile High Tower yang berketinggian 1 Mile menjulang keangkasa. 1 Mile setara dengan 1600 M, ini artinya 2 kali lipat dari gedung tertinggi saat ini.

Selain gedung itu, Negara Negara teluk sedang terus merencakan ratusan gedung pencakar langit di ibu kotanya. Saudi sendiri sedang membangun 14 gedung pencakar langit di Riyadh, Jeddah dan Makkah. Beberpa darinya telah sempurna.

Manusia dunia semakin serakah.
Mereka terus menhiasi ibu kotanya dengan ratusan gedung pencakar langit dengan bentuk bentuk yang unik dan cantik, mereka terus berlomba lomba membangun gedung tertinggi di negerinya masing masing seakan akan mereka akan hidup di dunia ini untuk selamanya.

Disisi lain menakjubkan dan disisi lain menakutkan.
Bagi orang beriman tentunya ini adalah hal yang sangat menggetarkan hati.

Bergetarkah hatimu…
Bergetarkah hatimu saat kesan perlombaan itu terjadi di samping Al Haram ?
Disinilah lembah peradaban Islam berawal,
Dari lembah inilah cahaya Islam mulai bersinar keseluruh dunia. Lembah ini terjaga dari masa kemasa. Lembah yang menyimpan Masjidil Haram, Masjid yang melindungi Baitullah. Kearah lembah inilah setiap saat wajah wajah mukminin mukminat terarah, menghadapkan wajahnya kepada symbol Rumah Allah, Baitullah.
Lembah ini tak pernah sepi dikunjungi jutaan Manusia dari berbagai penjuru Dunia, setiap saat setiap waktu. Dirindukan mereka yang belum pernah mengunjunginya juga dirindukan mereka yang telah mengunjunginya, berkali kali sekalipun. Tak pernah ada yang bosan menemui masjid ini. Menatapi baitullah ini.

Semua ingin kembali kesana, merasakan getaran rindu yang mendalam ketika sudah merengkuh nikmatnya shalat di Masjidil Haram tepat dihadapan Baitullah..

Selama jeprat jepret camera disana, hati saya terus berbisik bisik:
“Siapakah gerangan yang merencakan gedung gedung ini. Kenapa harus di halaman Masjid yang suci ini?”

Menurut harian arab News yang beredar di kota Riyadh, kontruksi gedung ini sudah selesai dengan ketinggian total 602 meter.

Di tower paling tinggi terdapat sebuah Jam Raksasa berdiameter 40 meter persegi, jam ini dipasang di empat sisi tower hingga terlihat dari semua arah. Menurut harian Arab News yang saya baca kemarin (26/07), kontruksinya sudah selesai dan jarum jam-nya direncanakan akan mulai berdetak secara resmi tanggal 1 Ramadhan ini.

Kompleks ini memakan tempat hampir 1 Juta lima ratus meter persegi diwilayah selatan masjidil Haram. Komposisinya memiliki tujuh menara, beberapa Hotel bintang lima, dua helipad, ruangan konference, restoran, dan pusat perbelanjaan.

Disebelah kiri kompleks ini, sebuah proyek juga terlihat sedang menggarap kompleks Apartement dan Hotel yang terdiri dari 21 menara apartemen seluas 2,8 juta meter persegi untuk para jamaah haji dan umrah. Tidak sekedar itu, disekitaran Masjidil Haram yang lain terlihat aktif pembangunan untuk gedung gedung berketinggian 35 lantai dan lima hotel bintang lima baru di atas lahan seluas 1 juta meter persegi.

Coba Perhatikan, diantara tower tower yang direncanakan itu ada beberapa yg sudah jadi, diantaranya; InterContinental dan The Royal Clock Tower. Jika kita amati diatas ada 2 tower Raksasa yang terhubung mirip Twin Tower Petronas di Malaysia. Itu adalah gerbang masuk kompleks masjid ini nanti.

Memang ada sisi positifnya.
Bangunan bangunan baru ini kabarnya bisa menampung hingga 40.000 orang.
Namun saya melihat pesan yang berbeda, gedung raksasa yang ditangani kontraktor Saudi Bin Laden (Perusahaan milik Ayahnya om Osama ini) memiliki ketinggian berselisih 200 meter dari GEDUNG TERTINGGI DUNIA saat ini, yaitu Al Burj Khalifa Dubai.

Benarkah peminpin negri negri Islam saat ini sudah ikut serta dalam maraknya perlombaan pembangunan gedung gedung dengan negara kaya lain?

Bukankah ini tanah Haram!?

Adakah manusia mulai berani merusak tanah Haram ini?
Apakah gerangan yang sedang terjadi ?

Kemanakah bukit bukit bersejarah itu?
Apakah manusia akhir jaman ini benar benar ingin menghilangkan lembah Ibrahim ini?

“Sesungguhnya orang-orang yang kafir dan menghalangi manusia di jalan Allah dan Masjidil Haram yang telah Kami jadikan untuk semua manusia, baik yang bermukim di situ maupun di padang pasir dan siapa yang bermaksud di dalamnya melakukan kejahatan secara zalim, niscaya akan Kami rasakan kepadanya sebagian siksa yang pedih.” (al-Hajj : 25)

Keserakahan tidak terhenti disini.
Berita menggetarkan segera menggetarkan dunia. Prince Al Talal telah meresmikan pembangunan “Jedah Mile-High Tower” yang direncanakan berketinggian 1.600 meter yang akan memakai biaya sekitra 5,3 Milyard USD.

Menurut beberapa sumber, desain menara yang terletak di utara Jeddah ini akan dipegang oleh arsitek lokal yang bekerja sama dengan dengan Pickard Chilton dari Amerika Serikat. Sedangkan urusan konstruksi bangunan dipegang oleh Bechtel, Amerika dan kontraktor global Samsung Corporation.

Ini tidak mengejutkan, setelah terus saya telusuri ternyata MILES TOWER ini pun sudah ada pesaingnya yang tidak tanggung tanggung merencanakan sebuah Gedung dengan ketinggian 3.200 Meter.. atau 3 Kilometer menjulang ke angkasa…

THE ULTIMA TOWER.
Bangunan ini membentuk kota pencakar langit dengan designer Architecture Amerika, Eugene Tsui. Gedung ini ditargetkan akan menelan biaya 150 Milyard USD. Bangunan yang berbentuk Kota berfasilitas lengkap ini, bisa menampung populasi sampai SATU JUTA orang dengan luas keseluruhan 140 Juta Meter Persegi.

Designer telah merancang segalanya termasuk fasilitas lift mutakhir yang bisa mengantar orang mencapai lantai tertinggi gedung dengan waktu 9 minutes and 40 detik.

Masha Allah tabarakallah..
Ketika kunjungan tahun lalu ke makkah, hati saya terenyuh..

Mata saya berkaca kaca, dan sempat bergumam “mungkinkah bukit disekeliling masjid DILEMBAH INI akan diratakan…?”
Jika sudah rata, bukankah lembah suci yang terjaga itu kini tiada lagi, lembah itu kini berubah menjadi taman kota dengan gedung gedung pencakar langit?

Pantaskah kita Kagum?
Atau… akankah rencana itu terjadi ?
Tidakkah keserakahan manusia manusia ini adalah tanda tanda kiamat yang nyata?

Allahurabbi …
Saya tersentak beberapa kali, ketika kemudian membaca kembali sebuah Hadith dimana Rasulullah saw telah melihat kesan perlombaan ini dari 14 abad yang lalu.

Hadis riwayat Abu Hurairah ra., ia berkata:
Pada suatu hari, Rasulullah saw. muncul di antara kaum muslimin.
Lalu datang seorang laki-laki dan bertanya: Wahai Rasulullah, apakah Iman itu?
Rasulullah saw. menjawab: Engkau beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, pertemuan dengan-Nya, rasul-rasul-Nya dan kepada hari berbangkit.

Orang itu bertanya lagi:
Wahai Rasulullah, apakah Islam itu?

Rasulullah saw. menjawab:
Islam adalah engkau beribadah kepada Allah dan tidak menyekutukan-Nya dengan apa pun, mendirikan salat fardu, menunaikan zakat wajib dan berpuasa di bulan Ramadan.

Orang itu kembali bertanya: Wahai Rasulullah, apakah Ihsan itu? Rasulullah saw. menjawab: Engkau beribadah kepada Allah seolah-olah engkau melihat-Nya. Dan jika engkau tidak melihat-Nya, maka sesungguhnya Dia selalu melihatmu.

Orang itu bertanya lagi:
Wahai Rasulullah, kapankah hari Kiamat itu?

Rasulullah saw. menjawab:
Orang yang ditanya mengenai masalah ini tidak lebih tahu dari orang yang bertanya. Tetapi akan aku ceritakan tanda-tandanya; Apabila budak perempuan melahirkan anak tuannya, maka itulah satu di antara tandanya. Apabila orang yang miskin papa menjadi pemimpin manusia, maka itu tarmasuk di antara tandanya. Apabila para penggembala domba saling bermegah-megahan dengan gedung. Itulah sebagian dari tanda-tandanya yang lima, yang hanya diketahui oleh Allah.

Kemudian Rasulullah saw. membaca firman Allah Taala: “Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang Hari Kiamat; dan Dia-lah Yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada dalam rahim. Dan tiada seorang pun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok. Dan tiada seorang pun yang dapat mengetahui di bumi mana ia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal”.

Kemudian orang itu berlalu, maka Rasulullah saw. bersabda: Panggillah ia kembali! Para sahabat beranjak hendak memanggilnya, tetapi mereka tidak melihat seorang pun. Rasulullah saw. bersabda: Ia adalah Jibril, ia datang untuk mengajarkan manusia masalah agama mereka.

(Shahih Muslim No.10)

Hadits senada juga diriwayatkan Al Bukhari No. 48, An Nasai 4905, Ibn Majah No. 63 juga diriwayatkan Imam Ahmad.

NASKAH HADITS

Dalam riwayat lain kutifan jawaban Rasulullah saw tentang kiamat ini diterjemahkan bahwa “Orang-orang tanpa sandal, setengah telanjang, melarat dan penggembala unta masing-masing berlomba membangun gedung-gedung bertingkat..”

“BERLOMBA LOMBA MEMBANGUN GEDUNG BERTINGKAT”
Itulah salah satu tanda tanda kiamat yang dikatakan Rasulillah Muhammad Salallahu alaihi wassalam dalam Hadits Tersebut.

Hadits shahih ini dengan ijtihad para ulama kemudian dijadikan referensi sebagai rukun iman dan rukun islam. Ada yang ditekankan disni, bahwa disana tersirat jelas Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam mengabarkan kepada kita semua bahwa NANTI sebelum kiamat terjadi, manusia akan berlomba lomba membangun gedung bertingkat tingkat.

Mungkin saat itu para sahabat hanya mengimani tidak bisa melihat secara nyata, karena saat itu Saudi Arabia adalah gurun tandus dan memang belum ada kota kota gemerlap seperti saat ini.

Dan saat Ini…
Naudzubillahimindalik, gedung gedung angkuh itu telah mendesak pekarangan Masjidil Haram..
Bebukitan di sekitar LEMBAH dimana Nabi Ibrahim As dan Putranya mendirikan Tonggak tonggak Baitullah itu sekarang DIHANCURKAN dan diganti dengan gedung gedung komersial penuh keserakahan..

masjidil-haram
Inikah tanda tanda kiamat itu..
Wallahu’alam..

Tapi dari sekian banyak hadits telah terbukti, nyata dihadapan kita.

Hadis riwayat Abu Hurairah ra., ia berkata:
Rasulullah saw. bersabda: Hari kiamat tidak akan terjadi kecuali setelah dua golongan besar saling berperang sehingga pecahlah peperangan hebat antara keduanya padahal dakwah mereka adalah satu. (Shahih Muslim No.5142)

Bukankah ini telah sering terjadi?

Hadis riwayat Abu Hurairah ra.:
Bahwa Rasulullah saw. bersabda: Tidak akan terjadi hari kiamat kecuali setelah banyak peristiwa haraj. Mereka bertanya: Wahai Rasulullah, apakah haraj itu? Beliau menjawab: Pembunuhan, pembunuhan. (Shahih Muslim No.5143)

Pembunuhan..
Palestina, Irak, Somalia…
Dan gejolak timur tengah saat ini, Mesir, Libya, Syiria, Bahrain..
Mayat mayat bergelimpangan tak berharga..
Pembantaian manusia dimana mana.

Inikah tanda tanda kiamat..
Hadis riwayat Abu Hurairah ra.:
Bahwa Rasulullah saw. bersabda: Hari kiamat tidak akan terjadi sebelum sungai Euphrat menyingkap gunung emas, sehingga manusia saling membunuh (berperang) untuk mendapatkannya. Lalu terbunuhlah dari setiap seratus orang sebanyak sembilan puluh sembilan dan setiap orang dari mereka berkata: Semoga akulah orang yang selamat. (Shahih Muslim No.5152)

Sungai Eufrat terletak di Irak,
Bukankah baghdad sudah hancur diluluhlantakan bomb bomb Amerika beberapa tahun lalu?
Wallahu’alam..

Dan banyak lagi hadits hadits yang telah menjadi nyata saat ini.

Bisa jadi kiamat telah dekat..
Rasulullah saw mengibaratkan jari tengah dan jari telunjuknya untuk menginformasikan bahwa kiamat itu sangat dekat..

Hadis riwayat Sahal bin Saad ra., ia berkata:
Aku mendengar Nabi saw. bersabda sambil memberikan isyarat dengan jari telunjuk dan jari tengah: Waktu aku diutus (menjadi rasul) dan waktu hari kiamat adalah seperti ini (mengisyaratkan dekatnya waktu kiamat).
(Shahih Muslim No.5244)

Lalu apa yang harus kita lakukan?
Sahabat, sungguh saya yang lemah ilmu ini sengaja membawakan tema ini untuk sebuah perenungan dari realisasi realisasi yang telah kita lihat.

Sungguh hari kiamat itu sangat dahsyat..
Dan hari berikutnya lebih dahsyat lagi, Alam Mahsyar..
Alam yang sering kita lupakan.

Rasulullah saw bersabda:
“Kamu akan dibangkitkan pada hari kiamat tanpa sandal, telanjang bulat dan tidak dikhitan. Aisyah bertanya, “Ya Rasulullah, laki-laki dan perempuan saling melihat (aurat) yang lain?” Nabi Saw menjawab, “Pada saat itu segala urusan sangat dahsyat sehingga orang tidak memperhatikan (mengindahkan) hal itu” (Mutafaq’alaih)

Brother and sister in Islam..
Sahabat muda semua, dalam keseharian kita sering terbius lalai..
Menunda keseriusan ibadah hingga hari senja nanti..

Padahal Rasulullah saw telah mengingatkan, bahwasannya masa muda adalah 1 dari 5 perkara yang akan ditanyakan dihari Mahsyar nanti..
Rasulullah saw bersabda:
“Seorang anak Adam sebelum menggerakkan kakinya pada hari kiamat akan ditanya tentang lima perkara: (1) Tentang umurnya, untuk apa dihabiskannya; (2) Tentang masa mudanya, apa yang telah dilakukannya; (3) Tentang hartanya, dari sumber mana dia peroleh dan (4) dalam hal apa dia membelanjakannya; (5) dan tentang ilmunya, mana yang dia amalkan. (HR. Ahmad)

Demikian liputan ana dari Makkah Almukaramah, Saudi Arabia
Semoga, catatan sederhana ini menjadi sebuah renungan yang menampar lembut nurani kita.
Semoga Menjadi Informasi Berharga dan Renungan Buat Kita semua,..

Salam Bahagia,
NURUDDIN AL INDUNISSY – RIYADH 2011
http://www.facebook.com/Nuruddin.Al.Indunissy.OfficialPage
By Nuruddin Al Indunissy|July 28th, 2011|Catatan Nai

http://rehabhati.com/tanda-tanda-kiamat-di-al-haram/#comment-8774

NB :
“Ini adalah hari terakhir Mekah,” kata Al-Alawi. “Perjalanan ke Mekah dan Madinah seharusnya menjadi ritual suci sederhana, tetapi telah berubah menjadi sebuah pengalaman yang lebih dekat ke Las Vegas, yang sebagian besar peziarah tidak mampu membayarnya.”

( Irfan Al-Alawi, direktur Islamic Heritage Research Foundation-Inggris. Yayasan yang bekerja untuk menyelamatkan warisan sejarah yang tersisa di kota suci Arab Saudi).

[ ]

Iklan