• Yang paling benar selama terjadi gerhana itu adalah sesuai tuntunan sunnah;mendirikan sholat gerhana, sendiri ataupun berjama’ah. klo sekedar mengamati fenomena alam, yang kita dapat hanya ilmu dunia semata, ilmu mengenal makluk.. apa hebatnya, hari ini gerhana, besok biasa lagi. Saya tidak mengatakan tidak boleh.. namun hendaklah kita selalu mengingat hal paling esensial dari segala hal yang terjadi di alam semesta ini ..
    yaitu kita sadar, bahwa adanya berbagai fenomena,musibah, atau ujian adalah untuk mengingatkan kita akan kehadiran-Nya.. menguji keistiqomahan kita dalam taat kepada-Nya…juga agar semangat kita tidak luntur dengan adanya berbagai macam peribadatan kepadaNya.” Allah mengetahui tentang dirimu adanya sifat bosan, maka Allah memodel-model bentuk ketaatan (membuat bentuk ketaatan itu bermacam-macam), dan Allah juga tahu, ada diantara kalian itu punya sifat berlebihan (misal ibadah terus saja), dan dua-duanya itu menyebabkan berhentinya amal, maka Allah melarang ibadah darimu disebagian waktu, agar menjadi semangatmu itu untuk menegakkan sholat bukan untuk mewujudkan sholat, karena tidak semua orang yang melakukan sholat itu menegakkannya” . (Hikam)
  • Menentukan sendiri apakah kita menjadi subjek untuk melaksanakan tuntunan shalat gerhana.Shalat gerhana diperintahkan bagi mereka menyaksikan langsung peristiwa gerhana saja. Adapun bagi yang wilayahnya tidak dilalui gerhana, atau tertutupi awan, maka tidak diperintahkan untuk melakukan shalat gerhana. Kemudian, acuan untuk shalat gerhana, adalah ru’yah (menyaksikan secara langsung), bukan analisa dari ahli falak atau astronomi.
    Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda,
  • إن الشمس والقمر لا يخسفان لموت أحد ولا لحياته، ولكنهما آيتان من آيات الله يريهما عباده، فإذا رأيتم ذلك فافزعوا إلى الصلاة.“Sesungguhnya matahari dan bulan, merupakan dua tanda kebesaran Allah. Keduanya tidak mengalami gerhana, karena kematian seseorang atau lahirnya seseorang. Namun Allah lah yang menciptakan peristiwa gerhana matahari dan bulan itu. Karena itu, jika kalian melihat gerhana, segeralah lakukan shalat” (Muttafaqun ‘ alaihi).
  • Tuntunan Shalat Gerhana dan Waktu Pelaksanaannya
  • menjauhkan diri dari sikap yang bertentangan dengan agama.. mengkaji setiap fenomena alam untuk mendekatkan diri kepada-Nya, semakin mengenal kekuasaan-Nya. Beberapa diantara kita masih melihat gerhana itu serasa fenomena keren padahal salah satu ciri akhir zaman.
  • 12729217_1043190639076747_5988130550445711254_n
  • “Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal. Yaitu orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata), “Ya Robb kami, tiadalah Engkau ciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka dipeliharalah kami dari siksa neraka.” (QS.3:190-191)

 

Demikian, semoga tercerahkan .

Wallohu’alam.

Iklan