Ada seorang teman yg berkata, drpd puasa tidak salat mending aj buka . aduhai, mudahnya orang berkata tanpa ilmu. Pdhl menurut jumhur ulama, seorang yg meninggalkan sholat itu dihukumi fasik bukan kafir, selagi ia masih meyakini agamanya. Alloh Swt tidak akan menyia-nyiakan amal orang yg beramal tidak pula menzalimi meski sebiji atom.
Alzalzalah 7-8
Orang yg meninggalkan shalat itu mendapat dosa karena meninggalkannya, dan ia tetap mendapat pahala atas puasa yang dikerjakannya. Sanksi meninggalkan suatu kewajiban, tidak menghilangkan ganjaran menunaikan kewajiban yg lain. Hal ini berlaku pula bagi mereka yg mereka yg berderma, tp meinggalkan sholat, atau berhijab tapi belum sempurna.
Al anibya, 47.
Jika kita memandangnya dari sisi tarbiah, apa manfaatnya MENGATAKAN bahwa puasa atau tidak sama saja bagimu, engkau tidak mendapatkan pahala dengan puasamu? Hal ini justru mendorong ia meninggalkan puasa sebagaimana mereka meninggalkan sholat. Dengan ini terputuslah BENANG TERAKHIR yang memhubungkannya dengan agama, yakni kewajiban ibadah. Bahkan boleh jadi sikap inilah yang akan membuat ia menjauh dari agama tanpa pernah kembali lagi.
Simaklah, begitu banyak hal hari ini yang berusaha menghalangi seseorang dari kewajiban shalat 5 waktu, dari mulai mushola yang terlalu kecil yang letaknya dibasement parkir gedung/toko, waktu istirahat yang sempit, hingga pemilik yang melarang jum’atan karena banyak kiriman barang dikala itu sedang sang buruh terikat hutang berlipat-lipat yang tak kunjung selesai kepada sang majikan. Kita seharusnya bersikap empati dan mencari solusi. Alloh mungkin mengampuni seseorang bila ibadahnya kurang, namun ia tak akan mengampuni jika keimanannya kurang atau hilang (musyrik, murtad).

Sesuatu yg lebih utama dan bermanfaat  adalah, kita Katakan kepadanya semoga Allah memberimu pahala atas puasamu, namun engkau harus menyempurnakan Islam dengan sesuatu yang lebih agung dari puasa, yaitu shalat. Engkau lapar, dahaga dan menahan syahwat untuk mencari ridha Allah, namun engkau bermalasan, tidak berkeinginan untuk rukuk dan sujud bersama mereka yang juga karena Allah semata?
Begitulah, kita berusaha mempertahankan tali terakhir yang memhubungkannya dengan agama ini, meski hanya sebulan dalam setahun, adalah lebih baik dari pada memutuskannya tanpa ganti. Ibarat buta mata sebelah masih lebih baik daripada buta keduanya.
(Yusuf qardhawi, Dr.,fiqhus shiyam, 2001, Era Intermedia, Solo _ dengan beberapa alih bahasa).

Iklan